Langsung ke konten utama

Happy Birthday Dhiwa!

 Happy Birthday Dhiwa!

    Apakah Anda bingung cara memberikan ucapan ulang tahun kepada teman Anda? Apabila iya, ucapan ulang tahun melalui aplikasi android bisa menjadi pilihan. Yuk kita mulai membuat ucapan ulang tahun dengan mengikuti tutorial yang ada (tutorial).


Hasil Tampilan



Sumber Kode

package com.example.happybirthday
import android.os.Bundle
import androidx.activity.ComponentActivity
import androidx.activity.compose.setContent
import androidx.compose.foundation.layout.Arrangement
import androidx.compose.foundation.layout.fillMaxSize
import androidx.compose.material3.MaterialTheme
import androidx.compose.material3.Surface
import androidx.compose.material3.Text
import androidx.compose.runtime.Composable
import androidx.compose.ui.Modifier
import androidx.compose.ui.tooling.preview.Preview
import androidx.compose.ui.unit.sp
import com.example.happybirthday.ui.theme.HappyBirthdayTheme
import androidx.compose.foundation.layout.Column
import androidx.compose.foundation.layout.padding
import androidx.compose.ui.Alignment
import androidx.compose.ui.text.style.TextAlign
import androidx.compose.ui.unit.dp
class MainActivity : ComponentActivity() {
override fun onCreate(savedInstanceState: Bundle?) {
super.onCreate(savedInstanceState)
setContent {
HappyBirthdayTheme {
// A surface container using the 'background' color from the theme
Surface(
modifier = Modifier.fillMaxSize(),
color = MaterialTheme.colorScheme.background
) {
GreetingText(
message = "Happy Birthday Dhiwa!",
from = "From Surya",
modifier = Modifier.padding(8.dp)
)
}
}
}
}
}
@Preview(showBackground = true)
@Composable
fun BirthdayCardPreview() {
HappyBirthdayTheme {
GreetingText(message = "Happy Birtday Dhiwa!", from = "From Surya")
}
}
@Composable
fun GreetingText(message: String, from: String, modifier: Modifier = Modifier) {
Column(
verticalArrangement = Arrangement.Center,
modifier = modifier.padding(8.dp)
) {
Text(
text = message,
fontSize = 90.sp,
lineHeight = 116.sp,
textAlign = TextAlign.Center
)
Text(
text = from,
fontSize = 36.sp,
modifier = Modifier
.padding(16.dp)
.align(alignment = Alignment.End)
)
}
}
view raw MainActivity.kt hosted with ❤ by GitHub

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kalkulator Sederhana

Kalkulator Sederhana Membuat Projek Projek dibuat dengan memilih New Project dan menggunakan Empty Activities, beri nama projek sesuai selera, saya sendiri menggunakan nama MyCalculator dengan minimum SDK API 26 Oreo. Setelah itu klik Finish.  Menyusun Sumber Kode Aplikasi ini sangat sederhana, hanya cukup mengikuti beberapa langkah berikut: Buat variable num1 dan num2 untuk menyimpan nilai input dari user, jangan lupa untuk menambahkan import runtime.* Membuat TextField untuk menerima input dari user dengan mensingkronisasi variabel num1 dan num2 Membentuk operasi perhitungan dengan button dimana pada button menggunakan aktivitas perhitungan apabila diklik. input yang berupa string akan diubah menjadi integer dan dilakukan perhitungan yang sesuai. Hasil perhitungan akan ditampilkan sebagai pop up, hal ini dilakukan dengan Toast.  Hasil Akhir Referensi:  Referensi YT Sumber kode lengkap sebagai berikut:

Image Scroll

 Membuat Komponen Image Scroll Kita akan membuat aplikasi dengan tampilan komponen image scroll seperti card dengan isi gambar. Yuk kita mulai dengan mengikuti tutorial  referensi  ini. Load projek starter pada github ini download file pada branch starter dalam bentuk ZIP. Setelah terdownload, ekstrak. Pada android studio kita akan membuka projek dengan open dan mengarahkan ke folder hasil ekstraksi tadi. Dalam membuka projek memang memakan waktu yang cukup lama, jadi harap sabar. Ketika selesai load, maka coba run program, maka akan memiliki tampilan sebagai berikut: Membuat class data item daftar 1. Membuat class data untuk affirmation klik kanan pada folder com.example.affirmation pilin new, lalu package dan beri nama model. package ini akan berisi class data. 2. Membuat class affirmation klik kanan pada package model lalu pilih new, lalu Kotlin class/File, lalu pilih Data Class. Beri nama Affirmation. Ubah sumber kode menjadi seperti berikut: 3. Aktifkan sumber ko...

Aplikasi Woof

 Membuat Aplikasi Woof Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk membuat aplikasi woof, yakni aplikasi yang dapat menampilkan daftar anjing berisi gambar dan informasi lainnya. Ilustrasi dari hasil aplikasi yang akan dibuat seperti berikut. Yuk kita mulai mengikuti tutorial -nya. Memulai dengan starter project Pada halaman tutorial kita diberikan starter project dimana berisi resource-resource yang diperlukan, seperti gambar dan data informasi. Anda dapat mendownload pada github ini pada branch starter. dan kita akan mulai memodifikasi starter projek. Menambahkan warna Dalam menyusun warna yang baik, kita dapat menggunakan bantuan website ini. Pada starter projek kita sudah tersedia file Color.kt pada folder ui.theme. Ubah sumber kode menjadi berikut:   Perlu diingat, penamaan warna dimulai dengan nilai alpha, dimana 00 mengartikan opasitas minimum, yakni transparan total, sedangkan ff opasitas maksimum, yakni solid penuh. Pada file Color.kt ini lah kita menentukan war...