Langsung ke konten utama

Hello World dengan Kotlin

 Program Hello World dengan Kotlin

    Pada kesempatan ini, kita akan mencoba membuat program yang menampilkan pesan modifikasi "Hello World!", yakni "Hello Surya!". Sebagai newbie dalam pemrograman android, di sini kita akan belajar step by step berdasarkan tutorial yang ada di internet (TutorialMadeSimple). Yuk kita mulai!!

1. Download Android Studio dan Membuka Projek

    Kita akan menggunakan android studio untuk membuat program ini. Anda bisa men-download pada link ini download android studio. Setelah ter-download, anda bisa menginstall terlebih dahulu. Untuk memulai projek, pilih new project. Untuk program ini kita akan menggunakan Empty Views Activity. Ubah nama projek sesuai keinginan Anda,



2. Merubah String "Hello World!"

    Apabila Anda melihat pada file activity_main.xml, terdapat bagian `android:text` berisikan teks Hello World. Namun, Anda tidak bisa merubah secara langsung. Untuk merubah teks, akses file strings.xml yang ada pada folder res/values dan ubah Element dari value atribut name.


3. Mempercantik Tampilan

    Kita akan menambahkan background, ukuran, style, dan warna teks. Untuk memasukkan gambar, anda dapat meng-copas file gambar ke folder drawable. Hasil akhir dari activity_main.xml, seperti berikut:






Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Happy Birthday Dhiwa!

 Happy Birthday Dhiwa!     Apakah Anda bingung cara memberikan ucapan ulang tahun kepada teman Anda? Apabila iya, ucapan ulang tahun melalui aplikasi android bisa menjadi pilihan. Yuk kita mulai membuat ucapan ulang tahun dengan mengikuti tutorial yang ada ( tutorial ). Hasil Tampilan Sumber Kode

Kalkulator Sederhana

Kalkulator Sederhana Membuat Projek Projek dibuat dengan memilih New Project dan menggunakan Empty Activities, beri nama projek sesuai selera, saya sendiri menggunakan nama MyCalculator dengan minimum SDK API 26 Oreo. Setelah itu klik Finish.  Menyusun Sumber Kode Aplikasi ini sangat sederhana, hanya cukup mengikuti beberapa langkah berikut: Buat variable num1 dan num2 untuk menyimpan nilai input dari user, jangan lupa untuk menambahkan import runtime.* Membuat TextField untuk menerima input dari user dengan mensingkronisasi variabel num1 dan num2 Membentuk operasi perhitungan dengan button dimana pada button menggunakan aktivitas perhitungan apabila diklik. input yang berupa string akan diubah menjadi integer dan dilakukan perhitungan yang sesuai. Hasil perhitungan akan ditampilkan sebagai pop up, hal ini dilakukan dengan Toast.  Hasil Akhir Referensi:  Referensi YT Sumber kode lengkap sebagai berikut: