Langsung ke konten utama

Aplikasi Woof

 Membuat Aplikasi Woof

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk membuat aplikasi woof, yakni aplikasi yang dapat menampilkan daftar anjing berisi gambar dan informasi lainnya. Ilustrasi dari hasil aplikasi yang akan dibuat seperti berikut. Yuk kita mulai mengikuti tutorial-nya.


Memulai dengan starter project

Pada halaman tutorial kita diberikan starter project dimana berisi resource-resource yang diperlukan, seperti gambar dan data informasi. Anda dapat mendownload pada github ini pada branch starter. dan kita akan mulai memodifikasi starter projek.

Menambahkan warna

Dalam menyusun warna yang baik, kita dapat menggunakan bantuan website ini. Pada starter projek kita sudah tersedia file Color.kt pada folder ui.theme. Ubah sumber kode menjadi berikut:
 
Perlu diingat, penamaan warna dimulai dengan nilai alpha, dimana 00 mengartikan opasitas minimum, yakni transparan total, sedangkan ff opasitas maksimum, yakni solid penuh. Pada file Color.kt ini lah kita menentukan warna untuk masing-masing tema gelap dan terang.

Pada file Theme.kt juga akan diubah menjadi berikut:
 
pada file ini kita mendefinisikan variable untuk menyimpan daftar warna untuk tema gelap dan terang. Selain itu, pada kode ini juga terdapat metode composable WoofTheme, dimana di sinilah penentuan penggunaan tema. variabel dynamicColor menentukan apakah aplikasi akan mengikuti setting tema gelap/terang dari android atau menggunakan setting yang kita custom sendiri. Apabila TRUE, maka akan menggunakan bawaan android. Pada fungsi MaterialTheme kita memanggil beberapa parameter yang telah kita definisikan colorScheme untuk warna, Shapes dari file Shapes.kt, Typography dari Type.kt. Untuk shape dan typography ada pada bagian berikutnya.


Menambahkan bentuk

Dilakukan perubahan pada file Shape.kt dan MainActivity,kt untuk merubah bentuk card anjing sehingga lebih enak dipandang, yakni dengan membuat tampilan sudut yang rounded. Pada Shape.kt sumber kode menjadi seperti ini:
 
Pada file ini kita mendefinisikan bentuk untuk tipe small dan medium. Variabel ini berikutnya dapat kita panggilpada DogIcon di MainActivity dengan cara berikut .clip(MaterialTheme.shapes.small).

Menambahkan tipografi

Kita perlu mendownload file font style pada google font dan mencari Montserrat dan Abril Fatface. Untuk montserrat kita menggunakan Bold dan Regular, ubah nama file menjadi montserrat_bold.ttf dan montserrat_regular.ttf. Sedangkan untuk Abril Faface menjadi abril_fatface_regular.ttf. Buatlah folder font pada folder res dengan cara berikut: klik kanan pada res, New, Anroid Resource Directory, lalu pilih 
Ubah nama direktori menjadi font, dan tipe resource menjadi font. klik OK.

Pindahkan file .ttf ke direktori font yang baru saja dibuat. Lalu kita memodifikasi sumber kode Type.kt untuk menggunakan font yang kita inginkan.
 
Contoh penggunaan font pada kode Main seperti ini MaterialTheme.typography.bodyLarge.

Menambahkan panel atas / header

Lakukan modifikasi sumber kode MainActivity.kt menjadi berikut:
 
Pada sumber kode kita membuat method WoofTopAppBar dimana merupakan header, komponen yang digunakan adalah CenterAlignedTopAppBar untuk membuat header align tengah, dengan parameter title berisi komponen header kita, yakni baris berisi gambar logo dan teks Woof. Terdapat perbedaan sumber kode dengan referensi, yakni pemanggilan OptIn sebelum pendefinisian Composable, seperti berikut:
 

Hasil

Hasil dari aplikasi yang kita buat seperti ini:







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kalkulator Sederhana

Kalkulator Sederhana Membuat Projek Projek dibuat dengan memilih New Project dan menggunakan Empty Activities, beri nama projek sesuai selera, saya sendiri menggunakan nama MyCalculator dengan minimum SDK API 26 Oreo. Setelah itu klik Finish.  Menyusun Sumber Kode Aplikasi ini sangat sederhana, hanya cukup mengikuti beberapa langkah berikut: Buat variable num1 dan num2 untuk menyimpan nilai input dari user, jangan lupa untuk menambahkan import runtime.* Membuat TextField untuk menerima input dari user dengan mensingkronisasi variabel num1 dan num2 Membentuk operasi perhitungan dengan button dimana pada button menggunakan aktivitas perhitungan apabila diklik. input yang berupa string akan diubah menjadi integer dan dilakukan perhitungan yang sesuai. Hasil perhitungan akan ditampilkan sebagai pop up, hal ini dilakukan dengan Toast.  Hasil Akhir Referensi:  Referensi YT Sumber kode lengkap sebagai berikut:

Happy Birthday Dhiwa!

 Happy Birthday Dhiwa!     Apakah Anda bingung cara memberikan ucapan ulang tahun kepada teman Anda? Apabila iya, ucapan ulang tahun melalui aplikasi android bisa menjadi pilihan. Yuk kita mulai membuat ucapan ulang tahun dengan mengikuti tutorial yang ada ( tutorial ). Hasil Tampilan Sumber Kode

Sejarah Ponsel dan Teknologi Pemrograman Mobile

  Sejarah Ponsel dan Teknologi Pemrograman Mobile Surya Abdillah / 5025201229 / PPB I 2023-2024 Sejarah Ponsel Ponsel atau telepon seluler menurut KBBI memiliki makna “telepon mandiri yang menggunakan baterai, tanpa kabel, dan menerima suara melalui sinyal” (KBBI). Sejarah ponsel dimulai pada   tahun 1973 dimana ponsel pertama diciptakan. Detail perkembangan ponsel adalah sebagai berikut: 1973: ponsel pertama diciptakan, yakni DynaTAC 8000X. Ponsel ini diciptakan oleh Martin Cooper dari perusahaan Motorola. Memiliki berat 2,4 pound atau sekitar 1 kg. Ponsel ini dirilis dengan 4.000 USD, sedangkan ponsel itu seharga 10.000 USD atau setara 157 juta rupiah.        Dengan waktu mengisi daya selama 10 jam, ponsel ini hanya bisa digunakan selama 30 menit. 1983: DynaTAC dirilis untuk komersial konsumen, dengan harga yang sama yakni 4.000 USD. 1985: Siemens Mobiletelefon C1, yakni ponsel yang memiliki bentuk menyerupai tas kerja dimana ponsel ini d...