Langsung ke konten utama

Dessert Clicker - Siklus Aplikasi Android

DESSERT CLICKER

    Pada kesempatan kali ini kita akan membuat aplikasi makanan penutup atau dikenal sebagai dessert yang dapat diklik. Setiap klik, menandakan bahwa kita telah menjual sejumlah banyak klik dan mendapatkan nominal uang. Di bawah ini merupakan gambar dari aplikasi yang akan kita bangun. Tanpa menunggu panjang lebar, kita langsung ikuti tutorial tutorial yang ada.

    Pertama yang kita lakukan dengan mendapatkan projek awalan/starter yang sudah diberikan di github github ini. Karena tutorial ini menerapkan konsep siklus aktivitas, maka lebih baik kita untuk memahami nya terlebih dahulu.

Terkait Siklus Aktivitas Aplikasi Android

    Siklus merupakan tahapan perubahan yang terjadi secara berulang-ulang, sedangkan aktivitas pada kasus Android adalah komponen yang dapat dilihat dan berinteraksi dengan pengguna. Android memiliki siklus yang berbeda dengan os pada umumnya, dimana titik entry berada pada fungsi main(), sedangkan pada android diawali dengan onCreate(). Gambar berikut merupakan gambaran siklus aktivitas pada aplikasi android:
    Untuk melakukan perubahan status aktivitas pada aplikasi android, kita dapat memanggil fungsi callback sesuai dengan jenis perubahan yang ingin dilakukan. Jenis-jenis callback ini dapat dilihat pada gambar di atas. Penjelasan dari masing-masing jenis sebagai berikut:
  • onCreate() : kondisi awal aktivitas diciptakan

  • onStart() : kondisi aktivitas dimulai

  • onRestart() : kondisi aktivitas kembali dimulai

  • onResume() : kondisi aktivitas dibuka kembali

  • onPause() : kondisi aktivitas lain terbuka

  • onStop() : kondisi aktivitas tidak ditampilkan

  • onDestroy() : kondisi aktivitas dihancurkan dari memori

Perlu dicatat bahwa metode onRestart() tidak dipanggil setiap kali perubahan antara created dan started, melainkan hanya akan dipanggil jika ada pemanggilan onStop() dan aktivitas selanjutnya dimulai ulang.

Implementasi pada project

    Kita melakukan penambahan dependency, yakni log dengan import android.util.Log, lalu kita juga membuat sebuah variable untuk menyimpan aktivitas log sebagai berikut private const val TAG = "MainActivity".  Sebagai contoh sederhana, kita bisa menambahkan Log.d(TAG, "onCreate Called") pada baris setelah super.onCreate() sebagai uji coba. Lakukan hal yang serupa dengan tahapan siklus lainnya.
<script src="https://gist.github.com/SuryaAbdillah/4b881a62f89968c060b1b2b76e2c7acc.js"></script>
    Selain itu, kita juga melakukan modifikasi pada fungsi DessertClickerApp, sehingga menjadi, seperti berikut:
<script src="https://gist.github.com/SuryaAbdillah/e5806d9d5e0938e37fac1a63f9499918.js"></script>

Mengamati log aktivitas 

    Untuk mengamati perubahan ini, kita dapat melihat pada bagian menu LogCat yang ada, kita juga dapat memfilter dengan fitur search. Berikut merupakan lokasi LogCat:

Berikut merupakan beberapa hasil percobaan aktivitas dan hasil log yang terbentuk:
Memulai aplikasi
Back ke Home

Masuk kembali ke aplikasi

Share

Rotasi device/emulator


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kalkulator Sederhana

Kalkulator Sederhana Membuat Projek Projek dibuat dengan memilih New Project dan menggunakan Empty Activities, beri nama projek sesuai selera, saya sendiri menggunakan nama MyCalculator dengan minimum SDK API 26 Oreo. Setelah itu klik Finish.  Menyusun Sumber Kode Aplikasi ini sangat sederhana, hanya cukup mengikuti beberapa langkah berikut: Buat variable num1 dan num2 untuk menyimpan nilai input dari user, jangan lupa untuk menambahkan import runtime.* Membuat TextField untuk menerima input dari user dengan mensingkronisasi variabel num1 dan num2 Membentuk operasi perhitungan dengan button dimana pada button menggunakan aktivitas perhitungan apabila diklik. input yang berupa string akan diubah menjadi integer dan dilakukan perhitungan yang sesuai. Hasil perhitungan akan ditampilkan sebagai pop up, hal ini dilakukan dengan Toast.  Hasil Akhir Referensi:  Referensi YT Sumber kode lengkap sebagai berikut:

Happy Birthday Dhiwa!

 Happy Birthday Dhiwa!     Apakah Anda bingung cara memberikan ucapan ulang tahun kepada teman Anda? Apabila iya, ucapan ulang tahun melalui aplikasi android bisa menjadi pilihan. Yuk kita mulai membuat ucapan ulang tahun dengan mengikuti tutorial yang ada ( tutorial ). Hasil Tampilan Sumber Kode

Sejarah Ponsel dan Teknologi Pemrograman Mobile

  Sejarah Ponsel dan Teknologi Pemrograman Mobile Surya Abdillah / 5025201229 / PPB I 2023-2024 Sejarah Ponsel Ponsel atau telepon seluler menurut KBBI memiliki makna “telepon mandiri yang menggunakan baterai, tanpa kabel, dan menerima suara melalui sinyal” (KBBI). Sejarah ponsel dimulai pada   tahun 1973 dimana ponsel pertama diciptakan. Detail perkembangan ponsel adalah sebagai berikut: 1973: ponsel pertama diciptakan, yakni DynaTAC 8000X. Ponsel ini diciptakan oleh Martin Cooper dari perusahaan Motorola. Memiliki berat 2,4 pound atau sekitar 1 kg. Ponsel ini dirilis dengan 4.000 USD, sedangkan ponsel itu seharga 10.000 USD atau setara 157 juta rupiah.        Dengan waktu mengisi daya selama 10 jam, ponsel ini hanya bisa digunakan selama 30 menit. 1983: DynaTAC dirilis untuk komersial konsumen, dengan harga yang sama yakni 4.000 USD. 1985: Siemens Mobiletelefon C1, yakni ponsel yang memiliki bentuk menyerupai tas kerja dimana ponsel ini d...