Langsung ke konten utama

Dessert Clicker - Siklus Aplikasi Android

DESSERT CLICKER

    Pada kesempatan kali ini kita akan membuat aplikasi makanan penutup atau dikenal sebagai dessert yang dapat diklik. Setiap klik, menandakan bahwa kita telah menjual sejumlah banyak klik dan mendapatkan nominal uang. Di bawah ini merupakan gambar dari aplikasi yang akan kita bangun. Tanpa menunggu panjang lebar, kita langsung ikuti tutorial tutorial yang ada.

    Pertama yang kita lakukan dengan mendapatkan projek awalan/starter yang sudah diberikan di github github ini. Karena tutorial ini menerapkan konsep siklus aktivitas, maka lebih baik kita untuk memahami nya terlebih dahulu.

Terkait Siklus Aktivitas Aplikasi Android

    Siklus merupakan tahapan perubahan yang terjadi secara berulang-ulang, sedangkan aktivitas pada kasus Android adalah komponen yang dapat dilihat dan berinteraksi dengan pengguna. Android memiliki siklus yang berbeda dengan os pada umumnya, dimana titik entry berada pada fungsi main(), sedangkan pada android diawali dengan onCreate(). Gambar berikut merupakan gambaran siklus aktivitas pada aplikasi android:
    Untuk melakukan perubahan status aktivitas pada aplikasi android, kita dapat memanggil fungsi callback sesuai dengan jenis perubahan yang ingin dilakukan. Jenis-jenis callback ini dapat dilihat pada gambar di atas. Penjelasan dari masing-masing jenis sebagai berikut:
  • onCreate() : kondisi awal aktivitas diciptakan

  • onStart() : kondisi aktivitas dimulai

  • onRestart() : kondisi aktivitas kembali dimulai

  • onResume() : kondisi aktivitas dibuka kembali

  • onPause() : kondisi aktivitas lain terbuka

  • onStop() : kondisi aktivitas tidak ditampilkan

  • onDestroy() : kondisi aktivitas dihancurkan dari memori

Perlu dicatat bahwa metode onRestart() tidak dipanggil setiap kali perubahan antara created dan started, melainkan hanya akan dipanggil jika ada pemanggilan onStop() dan aktivitas selanjutnya dimulai ulang.

Implementasi pada project

    Kita melakukan penambahan dependency, yakni log dengan import android.util.Log, lalu kita juga membuat sebuah variable untuk menyimpan aktivitas log sebagai berikut private const val TAG = "MainActivity".  Sebagai contoh sederhana, kita bisa menambahkan Log.d(TAG, "onCreate Called") pada baris setelah super.onCreate() sebagai uji coba. Lakukan hal yang serupa dengan tahapan siklus lainnya.
<script src="https://gist.github.com/SuryaAbdillah/4b881a62f89968c060b1b2b76e2c7acc.js"></script>
    Selain itu, kita juga melakukan modifikasi pada fungsi DessertClickerApp, sehingga menjadi, seperti berikut:
<script src="https://gist.github.com/SuryaAbdillah/e5806d9d5e0938e37fac1a63f9499918.js"></script>

Mengamati log aktivitas 

    Untuk mengamati perubahan ini, kita dapat melihat pada bagian menu LogCat yang ada, kita juga dapat memfilter dengan fitur search. Berikut merupakan lokasi LogCat:

Berikut merupakan beberapa hasil percobaan aktivitas dan hasil log yang terbentuk:
Memulai aplikasi
Back ke Home

Masuk kembali ke aplikasi

Share

Rotasi device/emulator


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kalkulator Sederhana

Kalkulator Sederhana Membuat Projek Projek dibuat dengan memilih New Project dan menggunakan Empty Activities, beri nama projek sesuai selera, saya sendiri menggunakan nama MyCalculator dengan minimum SDK API 26 Oreo. Setelah itu klik Finish.  Menyusun Sumber Kode Aplikasi ini sangat sederhana, hanya cukup mengikuti beberapa langkah berikut: Buat variable num1 dan num2 untuk menyimpan nilai input dari user, jangan lupa untuk menambahkan import runtime.* Membuat TextField untuk menerima input dari user dengan mensingkronisasi variabel num1 dan num2 Membentuk operasi perhitungan dengan button dimana pada button menggunakan aktivitas perhitungan apabila diklik. input yang berupa string akan diubah menjadi integer dan dilakukan perhitungan yang sesuai. Hasil perhitungan akan ditampilkan sebagai pop up, hal ini dilakukan dengan Toast.  Hasil Akhir Referensi:  Referensi YT Sumber kode lengkap sebagai berikut:

Image Scroll

 Membuat Komponen Image Scroll Kita akan membuat aplikasi dengan tampilan komponen image scroll seperti card dengan isi gambar. Yuk kita mulai dengan mengikuti tutorial  referensi  ini. Load projek starter pada github ini download file pada branch starter dalam bentuk ZIP. Setelah terdownload, ekstrak. Pada android studio kita akan membuka projek dengan open dan mengarahkan ke folder hasil ekstraksi tadi. Dalam membuka projek memang memakan waktu yang cukup lama, jadi harap sabar. Ketika selesai load, maka coba run program, maka akan memiliki tampilan sebagai berikut: Membuat class data item daftar 1. Membuat class data untuk affirmation klik kanan pada folder com.example.affirmation pilin new, lalu package dan beri nama model. package ini akan berisi class data. 2. Membuat class affirmation klik kanan pada package model lalu pilih new, lalu Kotlin class/File, lalu pilih Data Class. Beri nama Affirmation. Ubah sumber kode menjadi seperti berikut: 3. Aktifkan sumber ko...

Aplikasi Woof

 Membuat Aplikasi Woof Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk membuat aplikasi woof, yakni aplikasi yang dapat menampilkan daftar anjing berisi gambar dan informasi lainnya. Ilustrasi dari hasil aplikasi yang akan dibuat seperti berikut. Yuk kita mulai mengikuti tutorial -nya. Memulai dengan starter project Pada halaman tutorial kita diberikan starter project dimana berisi resource-resource yang diperlukan, seperti gambar dan data informasi. Anda dapat mendownload pada github ini pada branch starter. dan kita akan mulai memodifikasi starter projek. Menambahkan warna Dalam menyusun warna yang baik, kita dapat menggunakan bantuan website ini. Pada starter projek kita sudah tersedia file Color.kt pada folder ui.theme. Ubah sumber kode menjadi berikut:   Perlu diingat, penamaan warna dimulai dengan nilai alpha, dimana 00 mengartikan opasitas minimum, yakni transparan total, sedangkan ff opasitas maksimum, yakni solid penuh. Pada file Color.kt ini lah kita menentukan war...